18 Apr 2009

MENCARI POLA HIDUP BERBOBOT 100%

Orang bilang, hidup itu suatu pilihan, menjadi orang kaya atau menjadi orang yang biasa-biasa saja, yang pasti tidak ada orang yang memilih sebagai orang miskin. Ada yang mengatakan hidup akan sangat bermakna apabila selalu senyum, penuh cinta, dan sebagainya. Sering kali orang menggunakan bahasa diplomatis berikut: „ingin hidupnya bermanfaat dan bernilai“. Jika nilai maksimal adalah 100, apakah anda pernah berpikir bagaimana membuat hidup anda berbobot 100%? Jika pilihan-pilihan tersebut menjadi favorit anda, pernahkah anda menghitung berapa bobot dari masing-masing pilihan tersebut? Jika anda belum punya ide, mungkin ide berikut bisa dicoba.

Ide tersebut tidak jauh dari matematika sederhana, kalau susunan abjad dari A s/d Z kita beri bobot dari 1 s/d 26, seperti berikut ini:

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26

Kemudian kita jumlahkan bobot masing-masing huruf dalam setiap kata-kata yang dapat menjadi pilihan hidup tersebut, misalnya kata KAYA = 38. Caranya adalah sebagai berikut:

KAYA = 11 + 1 + 25 + 1 = 38

Bagaimana kalau kita pakai bahasa Inggeris? Apakah menjadi kaya (RICH) akan membuat hidup anda berbobot 100%?

RICH = 18 + 9 + 3 + 8 = 38

Ternyata KAYA ataupun RICH hanya akan membuat hidup anda berbobot 38%. Lalu, bagaimana dengan orang yang hidup penuh dengan kasih sayang? Kasih sayang identik dengan cinta, apakah LOVE akan membuat anda hidup 100%?

LOVE = 12+15+22+5 = 54

Ternyata hidup dengan cinta (LOVE) hanya mempunyai bobot 54%, sedikit lebih baik dari pada kaya, karena itu di dalam film ataupun cerita sering disampaikan bahwa cinta lebih bernilai dari pada harta. Kemudian, bagaimana dengan seseorang yang punya kekuasaan, apakah dengan ‘power’ yang dimilikinya tersebut akan membuat hidupnya berbobot 100%?

POWER = 16+15+23+5+18 = 77

Ternyata hidup dengan ’power’ hanya berbobot 77%. Bagaimana kalau kita coba kata ’PINTAR’?

PINTAR = 16+9+14+20+1+18 = 78

Orang pintar lebih berbobot dari pada orang kaya, karena pintar dapat menjadi modal anda untuk menuju kaya; orang pintar lebih berbobot dari pada kekuasaan, karena orang pintar dapat menjadi modal untuk menuju puncak kekuasaan; namun tetap belum mencapai 100%.
Jika kaya, cinta, kekuasaan dan pintar tidak dapat membuat bobot hidup kita menjadi 100%, kira-kira apalagi yang perlu kita lakukan agar hidup kita benar-benar bermakna? Apakah anda punya pilihan hidup yang lain? Yang jelas, apapun yang anda pilih, apabila kita selalu menjaga sikap (atitude) kita di dalam berinteraksi dengan pihak lain, maka tentu akan lebih baik. Percaya atau tidak, ternyata kata ’ATTITUDE’ kalau diberi bobot dengan cara diatas, akan menghasilkan nilai 100.


A+T+T+I+T+U+D+E = 1+20+20+9+20+21+4+5 = 100

Ternyata attitude atau sikap dapat membuat hidup kita berbobot 100%, karena itu selalu berusahalah untuk bersikap baik, karena sikap yang baik akan membuat anda 100% baik, sedangkan sikap buruk akan membuat anda 100% buruk pula. Orang kaya yang mempunyai sikap yang baik dan rendah hati akan menjadi modal utama bagi dirinya untuk tetap kaya, dimana orang lain akan senang berhubungan dengannya, baik dalam bisnis ataupun hubungan lainnya. Seorang pejabat yang mempunyai kekuasaan dan mempunyai sikap yang baik, tentu merupakan modal utama untuk menarik simpati dan menjadi panutan masyarakat.

Khususnya di dalam dunia kerja, sikap kerja merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi seorang pekerja terkait dengan pekerjaannya dan lingkungannya. Karier seseorang juga sangat dipengaruhi bagaimana dia bersikap di dalam melakukan pekerjaan, sikap dia dalam mengelola tugas-tugas yang ada, sikap dia dalam menghadapi lingkungan kerja, sikap dia ketika menghadapi sesuatu kejadian, dan bagaimana sikap dia ketika menghadapi suatu situasi kerja yang berbeda dari biasanya. Karena sikap begitu penting, maka tidak heran kalau di dalam kompetensi kerja, sikap menjadi salah satu unsur di dalam penilaian kompetensi. Tahukah anda bahwa di dalam penilaian kompetensi kerja ada 3 unsur kompetensi, yaitu Knowledge, Skill, dan Attitude.
Kalau kita gunakan rumus di atas, maka didapat bobot Skill adalah 63, bobot Knowledge adalah 90, dan Attitude berbobot 100. Karena itu, selain sikap kerja yang mempunyai bobot yang sangat tinggi, penguasaan pengetahuan juga sangat penting di dalam mendukung skill anda. Dapat pula dikatakan, skill saja tidak cukup, kita perlu penuhi diri kita dengan pengetahuan dan selalu menunjukkan sikap kerja yang baik. Jika banyak orang yang menerapkan prinsip tersebut, maka negara kita akan banyak tenaga kerja yang baik, semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar