22 Apr 2009

Kisah Seorang Siswa yang Ingin Selalu Tampak Pintar




Kesan Pertama Begitu Menggoda...
Ketika pertama kali masuk sekolah di SMU, Zetien, siswa kelas 1 ini sudah berusaha mencari muka pada setiap guru yang ngajar di kelasnya. Dia berusaha agar kelihatan seperti siswa pintar di depan guru-gurunya. Dia berusaha bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari setiap guru. Seperti iklan di TV, para guru akan merasakan betapa kesan pertama itu begitu menggoda, maksudnya begitu menakjubkan. Hasilnya pasti terbentuk image bahwa siswa itu adalah siswa yang luar biasa (pintar), baik di kalangan guru maupun teman-teman siswa itu sendiri.

Rahasia Langkah Pertamanya:

Ketika siswa yang lain masih menunggu apa yang akan diajarkan oleh sang guru, Zetien telah menyiapkan diri dengan membaca buku-buku yang sekiranya menjadi bahan pelajaran siswa SMU. Ketika siswa lain masih bengong, Zetien sudah paham, karena di kelas ia seolah hanya mereview saja.

Langkah pertamanya sudah berhasil, what next?
Mempertahankan image merupakan strategi pilihannya. Konsekuensinya? ya harus kembali berusaha agar kelihatan seperti siswa yang luar biasa. Ketika siswa lain masih berupaya memahami apa yg disampaikan oleh guru, Zetien sudah mempersiapkan diri untuk materi berikutnya. Begitulah seterusnya, sehingga Zetien akan selalu berada di depan, selalu kelihatan lebih pintar dari siswa lainnya.

Menciptakan motivasi bagi dirinya...

Meskipun tujuan awalnya adalah cari-cari muka, namun ternyata hal itu telah menjadi motivasi diri bagi Zetien untuk terus belajar, bahkan berusaha lebih keras dari kebanyakan siswa lainnya. Kini baru disadari, apa yang dilakukan puluhan tahun silam itu sebenarnya adalah suatu strategi memacu diri.
...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar