6 Mar 2013

Analisa Kredit Mikro dan Secangkir Kopi Panas

Kredit mikro memiliki keunikan. Kenapa? ya, karena umumnya para pengusaha mikro tidak memiliki cukup bukti usaha yang terekam dengan baik. Tidak terdapat catatan-catatan atas transaksi-transaksi yang dilakukan, apalagi laporan keuangan.

Pola analisa kreditnya pun sangatlah spesifik, sehingga kredit yang diberikan tetap dapat dilakukan dalam koridor pemberian kredit yang sehat.


Para analis kredit mikro, khususnya yang bekerja di bpr perlu memahami dana siapa yang digunakan dalam pemberian kredit, agar tertanam dalam benak untuk selalu memperhatikan prinsip kehati-hatian guna menjaga kualitas kredit yang diberikan, sehingga pada akhirnya hak-hak para pemberi dana tidak terganggu.





Ada banyak pertanyaan yang harus dijawab dan diyakinkan, sebelum kredit disalurkan. Semuanya adalah dalam rangka meminimalkan risiko kerugian bank atas kredit yang diberikan tersebut.






Konsisten dalam penerapan kebijakan dan prosedur perkreditan adalah sangat mutlak dilakukan agar prinsip kehati-hatian dan pemberian kredit secara sehat terpenuhi.






Siklus manajemen kredit harus dilakukan secara konsisten, setiap proses harus dilakukan dengan baik dan bertanggung jawab.  







Analisa kredit merupakan satu proses penting di dalam siklus manajemen kredit. Pada tahapan inilah bank menjaring calon debitur yang layak untuk diberikan kredit.

Umumnya perbankan mengenal prinsip 5 C dalam analisa kredit, tetapi di kredit mikro perlu ditambahkan C yang ke enam, yaitu Cash flow (arus kas). Analisa cash flow memungkinkan bank untuk mendapatkan gambaran atas ketersediaan dana dari debitur baik sebelum diberikan kredit maupun setelah diberikan kredit. Manfaat dari analisa cash flow adalah untuk menentukan kemampuan debitur dalam membayar kembali pinjamannya, berapa jumlah kredit yang dapat diberikan, berapa besar angsuran yang harus dibayar tiap periodenya, serta berapa lama jangka waktu kreditnya.

sebagian tampilan analisa cashflow sederhana untuk menentukan kebutuhan kredit dan kemampuan bayar.

                             
Kenapa icon untuk slide analisa kredit adalah secangkir kopi? Temukan jawabannya dalam pelatihan yang berdurasi 2 hari tentang analisa kredit mikro.                                                         




baca juga topik "Analisa Kredit Mikro" pada http://zinsari.wordpress.com/2013/07/12/analisa-kredit-mikro/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar