17 Jun 2012

Fit & Proper Test Calon Komisaris BPR

Dalam Peraturan Bank Indonesia no 8/26/PBI/2006 tentang BPR, pasal 22 disebutkan bahwa anggota Direksi dan Dewan Komisaris BPR wajib memenuhi persyaratan:

  • Kompetensi;
  • Integritas; dan
  • Reputasi Keuangan
Persyaratan kompetensi bagi anggota Dewan Komisaris wajib dipenuhi oleh paling sedikit 50% anggota Dewan Komisaris berupa pengetahuan dan/atau pengalaman di bidang perbankan. Jadi, jika ada 2 anggota Dewan Komisaris, maka minimal salah satunya memiliki pengetahuan dan/atau pengalaman bidang perbankan.

Pemenuhan persyartan bagi seorang Komisaris terhadaap ketentuan di atas dilaksanakan melalui penilaian kemampuan dan kepatutan (Fit & Proper Test).

Persyaratan Integritas meliputi:
  1. memiliki akhlak dan moral yang baik;
  2. memiliki komitmen untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan operasional BPR yang sehat;
  4. tidak termasuk dalam Daftar Tidak Lulus (DTL)

Persyaratan Kompetensi meliputi:
  1. pengetahuan di bidang perbankan yang memadai dan relevan dengan jabatannya. dan/atau 
  2. pengalaman di bidang perbankan
Persyaratan Reputasi Keuangan meliputi:
  1. tidak termasuk dalam daftar kredit macet
  2. tidak pernah dinyatakan pailit atau menjadi direksi atau dewan komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan dinyatakan pailit, dalam waktu 5 tahun sebelum dicalonkan.
Penilaian kemampuan dan kepatutan terdiri dari:
  • penelitian administratif
  • wawancara
Hasil penilaian berupa:
  • Lulus 
  • Tidak Lulus
Dalam hal calon Komisaris lulus  dari Fit & Proper Test, BPR wajib menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham atau Rapat
Anggota untuk mengangkat anggota dewan Komisaris paling lambat 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal persetujuan Bank Indonesia. Pengangkatan anggota dewan Komisaris wajib dilaporkan kepada Bank Indonesia paling lambat 10 (sepuluh) hari sejak pengangkatan disertai dengan risalah Rapat Umum Pemegang Saham atau Rapat Anggota.

Dalam hal pihak-pihak yang memperoleh predikat Lulus, kemudian diketahui memiliki kredit macet pada BPR dan/atau Bank Umum, maka predikat yang diberikan akan diturunkan menjadi Lulus Bersyarat.

BAGAIMANA MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI FIT & PROPER TEST?
Sebenarnya sederhana saja, yaitu penuhi ketiga persyaratan di atas.
Langkah pertama, pastikan tidak ada kredit macet di lembaga keuangan, sekalipun itu berupa kartu kredit.
Langkah kedua, ajukan permohonan yang disertai dengan persyaratan administratifnya.
Langkah ketiga, bekali diri anda tentang pengetahuan perbankan, peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dan jangan grogi...karena grogi akan membuyarkan semua persiapan, dan sebaliknya ketidak siapan akan membuat anda grogi...

Baca juga artikel berikut ini:

Dokumen-dokumen yang harus dilampirkan saat pengajuan calon komisaris ke Bank Indonesia adalah:
  • KTP
  • Pas Foto
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Contoh tanda tangan dan paraf
  • Surat Pernyataan bersedia untuk mempresentasikan hasil pengawasan terhadap BPR kepada Bank Indonesia
  • Surat Pernyataan hanya akan merangkap jabatan sebagai Komisaris paling banyak pada 2 bpr/bprs lain dan tidak akan merangkap jabatan sebagai anggota Direksi pada BPR, BPRS dan/atau Bank Umum.
  • Surat Pernyataan tidak akan memberikan kuasa umum kepada orang lain yang mengakibatkan pengalihan tugas dan wewenang.
  • Surat Pernyataan bersedia menjabat sebagai Komisaris paling singkat selama 3 tahun dan tidak akan mengundurkan diri, kecuali mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Bank Indonesia.
  • Surat Pernyataan tidak pernah dinyatakan pailit dan tidak pernah menjadi pemegang saham, anggota Direksi atau Dewan Komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroaan dinyatakan pailit berdasarkan ketetapan pengadilan.
  • Surat Pernyataan tidak pernah melakukan perbuatan tercela di bidang perbankan, keuangan dan/atau usaha lainnya dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana kejahatan dan/atau tidak sedang dalam masa pengenaan sanksi dilarang untuk menjadi pengurus BPR.
  • Surat Pernyataan tidak memiliki hubungan keluarga dengan anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris lainnya.
  • Surat Pernyataan tidak memiliki kredit macet.

Semoga bermanfaat...



5 komentar:

  1. Adakah contoh soal-soal fit and proer test bagi calon direksi .....mohon share dong...

    BalasHapus
  2. kira-kira dapatkah diinformasikan kisi kisi/contoh soal bagi calon anggota direksi baru dalam hal fit and proper test??

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  5. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus