26 Mar 2014

Strategi Marketing

Bisnis yang terus berkembang ditandai dengan optimalnya penjualan. Untuk mengoptimalkan penjualan dibutuhkan perencanaan strategi pemasaran yang kuat.

Bagaimana membuat suatu Strategi Marketing? Perencanaan strategi pemasaran yang efektif tidaklah sulit atau memakan waktu. Jika Anda memiliki ide yang baik tentang target pelanggan anda dan apa pemecahan masalah produk atau jasa anda, maka dengan mudah anda bisa mengembangkan strategi anda. Jika tidak, Anda harus mulai dengan evaluasi diri (produk, jasa dan apa yang telah dilakukan) serta mengembangkan rencana riset pemasaran.

Jika anda termasuk orang yang suka praktis, maka ada 4 langkah dalam pengembangan strategi marketing:
  • Evaluasi  
Evaluasilah apa yang telah dilakukan selama ini dan apa hasil yang telah dicapai. Langkah ini penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada.
  • Riset pemasaran
Langkah ini akan membantu anda untuk mendapatkan gambaran rinci tentang target pelanggan anda, memahami lingkungan pasar anda, dan menilai pesaing anda. Ini akan membantu memastikan orientasi pasar yang kuat untuk bisnis anda.
  • Tulis sebuah daftar strategi marketing
Setelah melakukan evaluasi dan riset pemasaran, maka anda punya bekal untuk menyusun sebuah daftar strategi pemasaran yang potensial.
Pikirkan semua kemungkinan strategi untuk rancangan daftar Anda ... kemudian mempersempit ke 3-5 strategi pemasaran kunci yang terbaik selaras dengan tujuan bisnis anda.
  • Buat prioritas taktik marketing 
Tentukan taktik-taktik prioritas yang akan dilakukan dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran.
Strategi marketing yang lebih komprehensif dapat dibuat melalui upaya-upaya berikut:
  • Melakukan evaluasi bisnis yang sudah berjalan;
  • Memerlukan tindakan marketing intelligence untuk mengetahui potensi dan persaingan yang ada;
  • Mengembangkan keunggulan kompetitif;
  • Membuat produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan dan calon pelanggan;
  • Menetapkan target pasar;
  • Membangun team marketing yang handal;
  • Menyusun strategi promosi yang efektif;
  • Manajemen pelanggan yang baik.